sponsor...

Artikel terbaru.............

22 Agustus 2009

Berkreasi Membuat Kertas Daur Ulang


Punya banyak kertas dan koran bekas yang tak terpakai, enggak ada salahnya loh, dimanfaatin untuk bikin kertas daur ulang. Selain bisa mengurangi sampah dan mencegah semakin banyak pohon yang ditebang, siapa tahu bisa jadi sumber penghasilan tambahan untuk kamu lewat kreasi ini.
Untuk membuat kertas daur ulang, peralatan yang dibutuhkan adalah screen (bingkai dengan kain kasa yang sangat kecil lubangnya), papan kayu atau triplek berukuran 21,5 cm x 33 cm, spons, kain katun tipis, blender, baskom, setrika, batako atau batu, dan meja. Sedangkan bahan-bahannya adalah kertas bekas atau kertas koran yang sudah disobek kecil-kecil dan direndam semalaman, pewarna alami atau buatan, bunga-bungaan, rumput atau daun kecil jika dibutuhkan.


Yang berikutnya adalah cara pembuatannya. Pertama, sobekan kertas kecil-kecil direndam dalam air kurang lebih satu hari. Setelah lunak, blender kertas dengan perbandingan 1:3 sampai menjadi bubur kertas (Pulp). Setelah semua menjadi bubur, tuangkan kedalam baskom yang berisi air dan diaduk. Letakkan spons diatas meja, lalu taruh kain yang sudah dibasahi diatasnya. Saring campuran dibaskon dengan menggunakan screen (tapi jangan terlalu tebal, ya).
Letakkan hasil saringan dari screen keatas spons yang sudah dialasi kain dengan posisi terbalik, gosok sedikit screennya dan angkat hati-hati. Tutup dengan kain yang sudah dibahasi. Tambah satu lapis lagi kain basah, ulangi langkah diatas. Setelah beberapa lapis, tekan dengan papan besar diatasnya dan beri batako atau batu. Biarkan selama satu jam agar airnya berkurang. Sebelum diangkat, pastikan sudah cukup kering.
Angkat sepasang demi sepasang dan jemur ditempat yang panas. Setekah kering, setrika sepasang demi sepasang kemudian buka kainnya pelan-pelan. Kalau ingin menambahkan hiasan tempelan berupa bunga, sebelum menutup campuran pulp dengan kain yang sudah dibasahi, tempelkan bunga diatasnya atau ingin mencampur dengan bahan alami didalamnya, ketika akan diblender, masukkan bunga, rumput, atau daun. Ini akan memberikan warna dan pola khusus. 
Sumber: http://genasik.telkomsel.com/web/newsasik/content/1192/Berkreasi_Membuat_Kertas_Daur_Ulang

Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Copyright 2009 All Rights Reserved daurulang.tk