sponsor...

Artikel terbaru.............

19 Agustus 2009

Busana Ramah Lingkungan Berbahan Botol Bekas


Sumber: http://kosmo.vivanews.com/news/read/48668-busana_ramah_lingkungan_berbahan_botol_bekas


VIVAnews – Bagaimana rasanya mengenakan busana yang menggunakan bahan sampah botol plastik bekas? Ini tak seperti yang Anda bayangkan. Sampah botol plastik bekas yang digunakan untuk bahan pakaian ini sudah diolah khusus sehingga busana yang dihasilkan terlihat chic dan trendi.

Tren ramah lingkungan sudah merambah berbagai bidang termasuk fashion. Para perancang busana dan pelaku industri fashion lainnya berlomba-lomba mengembangkan busana yang menggunakan bahan ramah lingkungan.

Pusat perbelanjaan Debenhams meluncurkan satu stel busana kerja wanita yang terbuat dari material daur ulang yaitu botol bekas. Busana ini berupa satu set blazer dan celana pantalon berwarna hitam. Setiap satu stel busana ini membutuhkan 50 botol bekas.

Botol bekas didaur ulang dengan cara dilelehkan, kemudian diurai materialnya hingga menghasilkan serta polyester.

Menurut pihak Debenhams, dengan mengolah sampah plastic menjadi busana seperti ini sudah membantu mengurangi sampah yang menumpuk di bumi.

“Kami bangga dengan karya ini yang bisa menghasilkan desain fashion yang trendi sekaligus membantu program penyelamatan lingkungan,” kata juru bicara Debenhams Elena Antoniou seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Jika penjualannya sukses, Debenhams akan melanjutkannya dengan mengeluarkan koleksi busana lainnya serta koleksi untuk pria.

Mereka juga menawarkan solusi penyelamatan lingkungan dengan rencana untuk mengajak konsumen mengumpulkan 50 botol plastik bekas dan menukarnya dengan satu stel baju daur ulang itu.

Seluruh proses daur ulang bahan botol plastik bekas dilakukan di pabrik di Taiwan. Meskipun busana ini menggunakan bahan daur ulang, banyak pihak pengamat lingkungan mempertanyakan apakah proses daur ulangnya juga ramah lingkungan.


Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Copyright 2009 All Rights Reserved daurulang.tk